Daftar Saham Indonesia

Daftar Saham Indonesia

Dari 5 saham berkapitalisasi terbesar, 3 diantaranya dikuasai oleh perbankan. Sisanya dari manufaktur dan telekomunikasi. Ini menandakan sektor perbankan menjadi andalan perekonomian Indonesia untuk saat ini dan tinggi nilainya. Semakin tinggi kapitalisasi sebuah saham, semakin besar skala bisnis dan juga kepercayaan investor.

Total saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia hingga Juni 2014  mencapai 496 saham yang dimasukkan dalam perhitungan IHSG dan diperkirakan akan terus bertambah dari tahun ke tahun seiring ramainya IPO dan peningkatan kemakmuran ekonomi. Semoga kedepannya jumlah saham di BEI bisa mencapai 1000 saham lebih.

Apa saja saham – saham tersebut? Apakah anda mengenalnya di dunia bisnis? Seberapa besar kapitalisasi pasar-nya di bursa? Silahkan simak pada ulasan di bawah ini.

Apakah anda tahu, 90% dari investor saham tidak tahu profil / spesifikasi saham yang dibelinya di pasar saham? Jangan sampai anda masuk ke dalam kelompok ini.

Apakah anda juga tahu:

* 50% Kapitalisasi pasar BEI dikuasai oleh 15 saham

* 60% Kapitalisasi pasar BEI dikuasai oleh 25 saham

* 70% Kapitalisasi pasar BEI dikuasai oleh 42 saham

* 80% Kapitalisasi pasar BEI dikuasai oleh 72 saham

* 90% Kapitalisasi pasar BEI dikuasai oleh 130 saham

Dalam memilih saham anda tidak perlu memusingkan 496 saham yang ada, tetapi dengan prinsip PARETO, fokuskan hanya pada sedikit saham yang memiliki porsi besar di dalam BEI.

Berikut kami lampirkan list seluruh saham di BEI dari kapitalisasi saham terbesar hingga terkecil per  17 Juni 2014.  Saat ini total kapitalisasi pasar BEI adalah Rp. 4,500 triliun.

Perlukah mengetahui hal ini? Tentu saja. Selain anda mempelajari aspek fundamental & teknikal, anda juga harus tahu saham apa yang anda beli. Mengapa? Kapitalisasi pasar sebuah saham adalah jumlah saham beredar x harga saham. Semakin tinggi nilai kapitalisasinya, semakin besar pengaruhnya ke IHSG dan sebaliknya. Semakin tinggi kapitalisasinya, semakin sulit saham tersebut dipermainkan dengan tidak wajar’ dan demikian sebaliknya. Dana investor besar baik lokal maupun asing yang notabene bernilai besar akan mencari saham dengan kapitalisasi pasar yang besar juga. Jika dana investasi besar (Asing contohnya) masuk ke BEI, mereka akan mencari saham yang cukup besar untuk menampung dana mereka (tentunya yang berfundamental bagus juga) sehingga saham – saham tersebut akan menjadi penggerak indeks.

Manakah yang anda pilih? Kapitalisasi besar atau kecil? Semua tergantung & kembali pada profil risiko anda.

– Jika anda merasa hal ini berguna, anda dapat klik gambar di bawah dan save di komputer anda. Silahkan share juga ke teman – teman anda yang mungkin membutuhkan.

Daftar Saham Indonesia-14-06-17