Rekening Efek Anda Telah Aktif. Selamat Berinvestasi!

Rekening Efek Anda Telah Aktif. Selamat Berinvestasi!

“Selamat siang pak, rekening saham bapak sudah aktif. Bapak sudah bisa memulai transaksi jual beli saham” Biasanya ini konfirmasi pertama kali ketika rekening sekuritas anda aktif. Hati senang, karena anda dapat segera memulai pembelian. Yesss, now I am an investor!

Saham apa yang anda beli pertama kali? Dulu saham pertama yang saya beli ketika tahun 2004 adalah PLAS. Ya, benar…PLAS. Anda tidak salah baca:p Alhasil uang saya langsung ke-Flush. Hahaha

Biasanya ini alasan dibalik pembelian saham perdana kita:

  1. Lagi ramai di running trade, artinya volume tinggi
  2. Lagi naik tinggi belasan persen, berasumsi besok akan lanjut naik
  3. Lagi turun dalam, diperkirakan akan rebound
  4. Rekomendasi dari broker anda
  5. Baca – baca berita sebuah emiten
  6. Kesukaan terhadap perusahaan yang anda kenal
  7. Analisa (Fundamental atau teknikal)
  8. Dll

Nah, point 1 – 3 biasanya dialami olah pengguna online trading. Point 4 – 6  sering dialami semua orang. Point 7 jarang dilakukan. Ada indikasi mindset pemain baru bahwa mencari uang di pasar saham itu gampang. Setiap hari yang didengar pasar bergerak naik, cerita – cerita sukses investor saham, Konsep buy & hold memberikan return maksimal dengan kekayaan yang berlipat – lipat. Ya, investasi saham memang memungkinkan menjadikan anda seperti itu, tapi jangan dengar apa yang mereka bilang! Lakukan apa yang mereka kerjakan. Itu yang penting.

Don’t listen what they said, but do what they did! – Tidak ada gunanya anda menjejalkan kiat – kita sukses investor / trader di kepala anda tapi tidak pernah menjalankan dengan serius. Tidak mungkin juga di penerapan awal langsung membuahkan hasil yang maksimal. Ingat, semua butuh proses. Yang menempatkan kita pada jalan yang benar adalah kedisiplinan dan konsistensi. Jika anda keberatan, maka risiko anda besar di kemudian hari.

Ingat! Setelah membuka rekening saham, apapun hasilnya adalah tanggung jawab anda. Bila anda meraih keuntungan, itu adalah buah dari hasil pembelajaran ataupun keberuntungan anda. TAPI jika anda mengalami kerugian, jangan salahkan broker anda, berita yang anda baca, emiten, dll. Kerugian adalah buah dari kesalahan anda. Don’t blame other for your failure. Apa salah anda? Mungkin karena malas menganalisa, mau gampang saja, menyerahkan pengelolaan pada orang lain apapun alasannya, ingin cepat kaya? Ingat, uang anda hasil keringat anda. perlakukanlah dengan penuh tanggung jawab kecuali di awalnya anda hanya ingin berjudi.

Pasar saham merupakan wadah untuk berinvestasi jangka panjang dengan potensi return yang sangat menarik bahkan di luar bayangan anda. Tetapi itu semua hanya bisa diraih bagi mereka yang berhasil melakukan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, bukan bagi mereka yang ingun gampangnya saja. Setuju?

Berikut kiat – kiat menjadi investor / trader handal: Modal Dasar Belajar di Pasar Saham: Proaktif + 4M

 

Saham Kita | Investasi Saham | Analisa Saham | Belajar Saham

One comment

  1. Mulyadi Abdullah

    Tks pencerahannya

Leave a Reply