Banyak yang tertarik untuk berinvestasi di saham sebagai alternatif untuk memperoleh pendapatan tambahan. Akan tetapi sebagian besar dari masyarakat di Indonesia banyak yang bingung apa itu saham dalam pengertiannya secara detil. Banyak yang tidak mengerti apa itu surat berharga yang salah satunya adalah saham. Yang diketahui hanyalah kalau saham bisa memberi keuntungan berlipat – lipat melebihi pendapatan bunga bank.

Memang menarik untuk melihat historis pertumbuhan IHSG sejak tahun 2000. Jika pada awal tahun 2000 IHSG berada pada level 676, pada akhir tahun 2012 IHSG telah naik berlipat – lipat mencapai level 4316 bahkan di tahun 2013 sempat mencapai level 5250. Artinya, sejak tahun 2000 hingga 2012 (12 tahun) IHSG telah tumbuh 538% atau rata – rata tumbuh 44% per tahun. Jika anda menginvestasikan uang sebesar 100 Juta pada awal tahun 2000 di pasar saham, maka akhir tahun 2012 uang tersebut memiliki nilai 638 juta!

Jadi, apakah itu saham?

Saham adalah sebuah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan / badan usaha. Jadi, saat anda membeli sebuah saham, maka anda menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut. Karena itulah Saham disebut sebagai surat berharga, karena saham anda merepresentasikan kepemilikan anda di perusahaan yang anda miliki / beli.

Bagaimana sebuah saham dapat memberikan keuntungan?

Tentunya dengan menginvestasikan uang anda di saham – saham perusahaan pilihan. Tapi tidak hanya selesai disini karena ada beberapa hal yang sangat penting dan wajib anda ketahui sebelum memutuskan apakah anda akan melakukan investasi di saham atau tidak.

Sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan anda mengerti mengenai konsep dasar investasi